Metode berasal dari dua perkataan yaitu meta yang
artinya melalui dan hodos yang artinya jalan atau cara. Jadi metode
artinya suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan.
Sementara
itu, pendidikan merupakan usaha membimbing dan membina serta bertanggung jawab
untuk mengembangkan intelektual pribadi anak didik ke arah kedewasaan dan dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka pendidikan Islam adalah sebuah
proses dalam membentuk manusia-manusia muslim yang mampu mengembangkan potensi
yang dimilikinya untuk mwujudkan dan merealisasikan tugas dan fungsinya sebagai
Khalifah Allah swt, baik kepada Tuhannya, sesama manusia, dan sesama makhluk
lainnya.
Dalam penggunaan metode pendidikan islam yang perlu dipahami
adalah bagaimana seorang pendidik dapat memahami hakikat metode dalam
relevansinya denagn tujuan utama pendidikan Islam yaitu terbentuknya pribadi
yang beriman yang senantiasa siap sedia mengabdi kepada Allah swt. Yang menjadi
tugas utama metode pendidikan Islam adalah mengadakan aplikasi prinsip-prinsip
psikologis dan paedagogis sebagai kegiatan antar hubungan pendidikan yang
terealisasi melalui penyampaian keterangan dan pengetahuan agar siswa
mengetahui, memahami, menghayati, dan meyakini materi yang diberiakan, serta
meningkatkan ketrampilan olah pikir.
Pada dasarnya metode pendidikan Islam sangat efektif dalam
membina kepribadian anak didik dan memotivasi mereka sehingga aplikasi metode
ini memungkinkan puluhan ribu kaum mukminin dapat membuka hati manusia untuk menerima
petunjuk ilahi dan konsep-konsep Islam. Pendidikan Islam dalam
pelaksanaannya membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan
kependidikannya kearah tujuan yang dicita-citakan. bagaimana baik dan
sempurnanya kurikulum pendidikan Islam, ia tidak akan berarti apa-apa, manakala
tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikannya kepada
peserta didik.
Metode Pendidikan Islam dalam
penerapannya banyak menyangkut permaslahan individual atau sosial peserta didik
dan pendidik itu sendiri sehingga dalam menggunakan metode seorang pendidik
harus memperhatikan dasar-dasar umum metode pendidikan islam, sebab metode
pendidikan itu hanyalah merupakan sarana atau jalan menuju tujuan pendidikan,
sehingga segala jalan yang ditempuh oleh seorang pendidik haruslah mengacu pada
dasar–dasar metode pendidikan tersebbut. Dalam hal ini tidak bisa terlepas dari
dasar agamis, biologis, psikologis, dan sosiologis.
Karakteristik metode pendidikan Islam:
1. Keseluruhan
proses penerapan metode pendidikan Islam, mulai dari pembentukannya,
penggunaannya, sampai pada pengembangannya.
2. Metode
pendidikan Islam bersifat luwes dan fleksibel
3. Metode
pendidikan Islam selalu berusaha menyeimbangkan antara teori dan praktek.
4. Dari
segi pendidik, Metode pendidikan Islam lebih menekankan keteladanan dan
kebebasan pendidik
5. Metode
pendidikan Islam dalam penerapannya berupaya menciptakan situasi dan kondisi
yang memungkinkan bagi terciptanya interaksi edukatif yang kondusif
6. Metode
pendidikan Islam merupakan usaha untuk memudahkan proses pengajaran dan
tercapainya tujuan secara efektif dan efisien.
Dalam kaitan
metode pendidikan Islam yang mempunyai peran penting dalam pendidikan Islam
pada hakekatnya metode adalah suatu penerapan yang dilakukan oleh pendidik.
Pada prinsipnya tidak ada metode yang paling ideal untuk semua tujuan
pendidikan, semua ilmu dan mata pelajaran, semua pertumbuhan, semua tahap
kematangan, semua pendidik, dan semua keadaan,yang meliputi proses pendidikan.
Oleh karena itu
tidak bisa dihindarkan pendidik hendaknya mengkombinasikan lebih dari satu
metode pendidikan dalam prakteknya dilapangan. Untuk itu sangat penting
menerapkan metode yang relevan dengan semua situasi sehingga tujuan dapat
tercapai dengan maksimal.
Rini
Nuralfiah/7G
Tidak ada komentar:
Posting Komentar